Sabtu, 20 November 2010

Love Padlock Ritual


Masih ingat kan, sama salah satu adegan saat She memasang gembok cinta di film Hello Stranger? Ternyata nih, ritual memasang gembok cinta di pagar, punya cerita seru di baliknya. Bahkan sampai sempat menjadi kasus khusus di negeri Sakura. Penasaran?

Menyerang Banyak Negara
Ritual memasang dua gembok bersama pacar ini, awalnya lahir di Hungaria sekitar tahun 1980an. Sebenarnya, ritual ini sederhana banget. Kita dan pacar sama-sama mengunci sebuah gembok di pagar sebuah jembatan lalu menuliskan nama. Namun, maknanya cukup dalam, lho. Gembok kita dan pacar melambangkan cinta yang saling bertaut dan nggak akan berpisah untuk selamanya. Cieee…

Karena keunikannya, ritual ini akhirnya menyebar ke banyak negara. Dan uniknya, setiap negara punya spot memasang gembok yang berbeda-beda. Di Korea, North Seoul Tower jadi saksinya; di Roma, mereka menggantungkannya di sebuah lampu jalanan, lalu membuang kuncinya ke Sungai Tiber; sedangkan di Rusia, mereka menggembok sebuah patung berbentuk pohon di Luzhkov Bridge. Indah, ya?

Cerita dari Jepang
Jepang juga terkena demam ritual ini. Yang berbeda, remaja Jepang sampai rela menaiki mercusuar bernama Chita Peninsula dan menggantungkan gembok mereka di sana. Wah nekat, ya? Makanya, pemerintah setempat langsung melarang aksi para remaja ini. Karena, selain membahayakan nyawa mereka sendiri, dikhawatirkan, pagar mercusuar nggak sanggup lagi menahan beratnya gembok dan menimpa orang-orang yang kebetulan melintas di bawah. Akhirnya, pemerintah setempat menyediakan lahan di sebuah taman, yang lokasinya nggak jauh dari mercusuar tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar