Senin, 19 April 2010

PM Norwegia Memerintah Lewat iPad


Perdana Menteri Norwegia Jens Stoltenberg adalah salah satu dari jutaan orang yang terjebak di bandara akibat meletusnya Gunung Eyjafjallajokull, Eslandia. Meski pesawatnya tertunda di New York, ia tetap bisa mengendalikan pemerintahan.

Ia benar-benar bekerja sebagai kepala pmerintahan meski dibatasi jarak. Komunikasi dengan stafnya di Norwegia tetap dilakukan menggunakan berbagai perangkat telekomunikasi termasuk tablet PC terbaru buatan Apple, iPad.

"Kami menggunakan internet, ponsel. Saya juga menggunakan sebuah iPad, yang sungguh memuaskan," kata Stoltenberg seperti dilansir CNN. Ia mengatakan ia tetap memantau tindakan darurat di Norwegia untuk mengatasi dampak letusan gunung di negara tetangganya.

Meski demikian, sang PM kelihatannya tidak menggunakan aplikasi resmi yang dibuat negaranya. Sebab, sampai saat ini App Store tak menyediakan aplikasi untuk pemerintah yang mungkin harus didesain khusus.

Aktivitas sang PM selama bekerja di bandara didokumentasikan dengan rinci oleh para staf pemerintahan yang turut dalam perjalanan tersebut dan diunggah ke Flickr. Tentu iPad yang digunakan dibeli di AS karena saat ini peluncuran iPad di negara lainnya ditunda sampai Mei 2010 mendatang.

Mengingat dampak letusan gunung yang menunda jadwal penerbangan ke Eropa masih terus berlanjut, Stoltenberg akhirnya mengaluhkan penerbangan. Ia mengambil penerbangan ke Madrid, Spanyol untuk kemudian ke Norwegia melalui jalur darat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar